Jumat, 21 Februari 2014

Arti kualitas film - BluRay, DVDRip dll

Errrrr bete bingits deh!
Gara2 udah susah payah ngedonlot film ender's game 600an MB...ternyata pas di play hasil rekaman bioskop!! iyuuuhh..benci banget deh, jelek banget kan kualitas nya
Well..ga terlalu susah payah juga sih ngedonlot nya, hihi soalnya aku tinggal tidur, kenapa? karna aku pake modem kartu XL 12 GB yang cuma 33ribu, muehehehehe...

Tapi tapiii...jangan kelewat girang dulu kaya aku pas ngebeli itu kartu, walaupun murmer alias murah meriah dan dapet kuota banyak, jangan lupa nanya abang yang jual kartu ye *pengalaman emang guru paling baik*
Ternyata ee ternyata, 1 GB buat dari jam 12 siang-12 malem, 11 GB nya buat dari jam 12 malem-12 siang
Nah loooo...itu sih cocok buat yang suka insom atau betah begadang yang bukan aku banget -_-
Buat kecepatan nya sih bisa dibilang cepet, up 7MBps kalo diiklannya sih..jeleknya adalah fluktuatif banget..ga stabil gitu loh, jadi ngaruh ke kecepatan donlot dan waktu yang kita butuhin buat nyelesaiin donlotan :(
Lokasi kita di mana ngaruh juga kali ya
kalo di kamar kosan aku paling cepet aku sampe 1MBps an..lumayan kaaan hihi

Makanya jadi ngebet kebelet pengen donlot ender's game karna ga sempet nonton di bioskop


Nah ini nih, karna awam banget kan..soalnya biasanya suka minta2 film alias temen yang ngedonlotin
karna bukan aku banget yang betah nungguin donlotan dengan size gede
alhasil asal googling dan asal donlot tanpa merhatiin keterangannya
ternyata kalo kita mau donlot film itu ada keterangan yang menjelaskan kualitas film yang bakal kita donlot
itu looh biasanya kita ngebaca ada BluRay, DVDRip dll...itu ada artinya loh sekalinya muehehehe
jadi jangan ketipu ya gais!
buat para awamers, aku kasih info nya nih..di baca bener2 keterangan nya kalo mau donlot film yaaa

Di bawah ini beberapa istilah kualitas film yang sering muncul ketika kita akan mendownload sebuah film:

* CAM : kualitas jenis ini merupakan hasil dari rekaman camera digital, langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.

* TS (Telesync) : kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM. Namun kualitas gambar dan suara TS sedikit lebih baik dari CAM karena TS merupakan CAM yang telah dilabel ulang.

* DVDScr: yaitu merupakan dupiklat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVDScr akan ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu kita.

* R5 : untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi untuk kualitas suara biasanya agak jelek (cempreng), meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.

* DVDRip: yaitu merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720×480 atau 720×576.

* Bluray/HD : Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920×1080 atau 1280×720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.

* mHD : mini/micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280x5xx, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.

* Workprint : film yang belum diedit efek visulnya secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

* VCD : biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / TVrip (analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil.
So..tinggal pilih sesuai selera ya gais, kalo fine2 aja kualitas rekaman bioskop sih ya ga masalah..kalo aku karena udah pake kacamata takut nya bikin nambah minus nya hahaa
Sekian. Mwuuaah!
Thanks to : http://baguzarbianto.blogspot.com/2012/08/apa-arti-kualitas-film-cam-ts-dvdrip.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar